Orangtua Wajib Belajar! Pentingnya Parenting dalam Keluarga

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum Sahabat Bunda ;)

Pentingnya parenting dalam keluarga

Masih tentang parenting dalam keluarga. Menjadi orang tua memang bukan persoalan yang mudah. Ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan, diketahui dan dipahami oleh seseorang sebelum ia menjadi seorang orang tua. 

Mempunya pengetahuan terkait kehidupan rumah tangga dan pengetahuan serta keterampilan dalam mendidik anak adalah hal yang tentu wajib dipunyai oleh setiap manusia. Hal itu karena pengetahuan dan keterampilan sangat dibutuhkan bagi seseorang agar ia mampu membina kehidupan rumah tangganya dengan baik. 

Tapi, pada kenyataan yang terjadi sekarang ini banyak sekali ditemui orang tua yang belum siap untuk menjadi orang tua. Hal itu karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki untuk membina rumah tangga. 

Salah satu hal yang biasa terjadi di fenomena seperti ini adalah pernikahan dini yang saat ini sering terjadi. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki untuk membangun rumah tangga yang baik serta keterampilan dan pengetahuan untuk mendidik anak dengan baik bisa menyebabkan proses tumbuh kembang serta kehidupan rumah tangga tidak bisa berjalan dengan baik.

Karena sangat penting jika kita mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam kehidupan berkeluarga, hal itu merupakan alasan jika sebuah keluarga merupakan madrasah pertama dan utama bagi seorang anak apalagi bagi anak usia dini. 

Keluarga adalah tempat belajar pertama yang menjadi kunci pembentukan karakter, sikap, tingkah laku, serta pendidikan anak. Ketika anak melihat apa yang dilakukan oleh orang tuanya di rumah, anak akan mulai belajar dan meniru apa yang dilihatnya, terutama perilaku yang ditunjukkan oleh orang tua karena keluarga merupakan salah satu pembentuk karakter anak. 

Orang tua merupakan guru pertama dan sekolah pertama bagi anaknya. Karena begitu besarnya peran orang tua terhadap anaknya, maka sangat penting bagi orang tua untuk bisa menjadi contoh yang baik serta memberikan pendidikan yang baik bagi anak-anaknya. 

Memiliki pengetahuan mengenai bagaimana cara mendidik dan mengasuh anak yang baik akan dapat membuat orang tua memiliki keterampilan dalam mendidik, mengasuh serta membesarkan anak-anaknya. 

Salah satu pengetahuan dan keterampilan yang bisa didapatkan oleh orangtua adalah melalui program parenting. Karena parenting merupakan kegiatan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar, agar orang tua bisa mensupport perkembangan dan pertumbuhan anak.

Kegiatan parenting ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan tambahan kepada orang tua mengenai bagaimana seharusnya ia dalam mendidik dan membesarkan anaknya. 

Melalui program parenting, orang tua bisa mendapatkan keterampilan dan pengetahuan yang sangat bermanfaat khususnya bagi anak, misalnya seperti pengetahuan tentang pola pengasuhan yang baik akan membentuk kepribadian anak. Kegiatan parenting ini juga merupakan salah satu wujud dari pendidikan ramah anak. 

Manfaat parenting dalam pendidikan ramah anak ialah sebagai wadah untuk mengembalikan kesadaran orang tua dan semua pihak dalam menciptakan pendidikan ramah anak, yaitu pendidikan yang memperhatikan segala hak-hak anak dengan baik. Ilmu tentang bagaimana mendidik anak memang perlu mengikuti perkembangan zaman. 

Seiring perkembangan zaman yang semakin pesat, maka pola asuh yang diterapkan juga pasti akan berbeda pula dari parenting jaman dulu dengan parenting sekarang ini. Sehingga para orang tua ataupun calon orang tua, harus mengetahui bagaimana cara mendidik dan mengasuh anak dengan baik lewat parenting. 

Ada begitu banyak manfaat yang dapat diberikan lewat kegiatan parenting. Diantaranya, kegiatan parenting dapat meningkatkan kesadaran orang tua karena perihal mengasuh anak bukan hal yang mudah dan tidak bisa sembarangan. 

Untuk itulah, dibutuhkan berbagai macam pengetahuan yang tidak hanya bisa diserap dari pengalaman orang lain seperti orang tua, mertua, saudara, ataupun tetangga. Karena pada dasarnya karakter setiap anak itu berbeda-beda, jadi dalam hal pengasuhan juga berbeda. Kedua, kegiatan parenting dapat meningkatkan keterampilan. 

Dengan mengikuti parenting orang tua akan disuguhi berbagai macam keterampilan terkait bagaimana cara mendidik dan membesarkan anak dengan baik serta lebih mengenal dan memahami karakter anak serta mengembangkan potensi anak sesuai dengan tugas perkembangannya. Ketiga, melalui kegiatan parenting orang tua dapat mengetahui capaian perkembangan anak, hak-hak dasar apa saja yang harus dipenuhi orang tua dalam kelangsungan hidup anaknya. 

Pengetahuan mengenai cara mengasuh dan mendidik anak yang baik dapat diperoleh lewat kegiatan parenting. Cara pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua dalam keluarga sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, anak harus diasuh dengan hal-hal yang baik, yaitu mulai dengan mengenalkan agama, mengajarkan disiplin, berperilaku jujur, suka menolong, dan hal-hal positif lainnya yang harus dimiliki anak sejak usia dini. Jadi, disadari maupun tidak disadari, kebanyakan anak akan mencontoh orang tua dengan menirukan perilaku, tata cara pergaulan, dan aktivitas sehari-hari.

Berikut Ini Pentingnya Parenting Ilmu Tentang Parenting dalam Keluarga untuk Sebuah Pengasuhan

Pentingnya Parenting dalam Keluarga

Keluarga merupakan tempat belajar pertama yang akan menjadi kunci pembentukan karakter dan pendidikan anak. Orang tua merupakan guru pertama anak-anak, dan rumah adalah sekolah pertama yang dikenal oleh anak. Sehingga peran orang tua dalam pendidikan baik pendidikan karakter anak, spiritual, hingga pendidikan formal, semuanya dimulai dan membutuhkan peran besar dari orang tua. Pentingnya parenting education ini untuk membuat orang tua agar bisa menjadi contoh baik bagi anak-anaknya.

Apalagi untuk anak usia dini yang memang memiliki kemampuan meniru yang unggul. Anak sejak kecil adalah para peniru yang unggul, ia akan meniru semua yang dia lihat dan rasakan. Menjadi orang tua juga harus berhati-hati dalam setiap tindakan, perilaku, dan perkataan. Menjadi orang tua yang mindfull atau berkesadaran adalah kunci untuk mengelola diri dalam mendidik anak sejak dini.

Parenting education merupakan metode yang paling baik bagi orang tua dalam mengajar dan membentuk karakter anak. Sebagai orang tua, kita juga harus terus belajar dan membekali diri dengan beragam informasi tentang pendidikan anak. Hal ini agar Anda bisa menentukan pola didik dan pola asuh yang tepat sasaran dan efisien sehingga dapat memberikan dampak positif bagi anak. Orang tua yang senantiasa belajar akan mendorong anak-anak tumbuh dengan nilai-nilai baik hingga mereka dewasa kelak.

Apa Pentingnya Parenting Education?

Parenting Education (PE) adalah program pendidikan pengasuhan yang dilakukan oleh suatu lembaha untuk meningkatkan kualitas pengasuhan dan tercapainya visi misi. PE bisa menjadi jawaban atas berbagai masalah yang dialami oleh orang tua dalam mengasuh dan menjadikan anak-anak mereka menjadi anak-anak yang memiliki karakter yang baik.

PE bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan orang tua dalam pengasuhan anak sesuai dengan usia, karakter dan pengembangannya. Ada 3 tujuan PE, yakni:

1. Meningkatkan kesadaran orang tua

Memiliki kesadaran dalam pengasuhan anak-anak sangat penting dan krusial. Orang tua tidak boleh asal-asalan dalam mengasuh anak, perlu berbagai macam pengetahuan untuk memaksimalkan pengasuhan. Menyadari kebutuhan ini dapat membuat orang tua mau untuk terus belajar dan menambah wawasan pengasuhan anak. Orang tua perlu menyadari bahwa pengalaman dari pengasuhan orang tua terhadap mereka saja tidak cukup. Dunia ini berkembang, kebutuhan anak berbeda-beda, dan orang tua masa kini tidak bisa disamakan dengan orang tua pada masa kanak-kanak mereka.

2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan

Memahami pola asuh yang baik merupakan hal penting yang harus diketahui terlebih dahulu agar proses pengasuhan berjalan sesuai karakter, usia, dan perkembangan anak. PE berfungsi agar prang tua lebih mengerti tentang pola asuh yang baik.

3. Mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan sekolah

Pendidikan anak juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Pada usia tertentu, anak-anak akan mulai bertemu dengan lingkungan yang lebih beragam seperti sekolah. PE dapat membantu ornag tua untuk menyelaraskan pola pendidikan di rumah dengan pola pendidikan di sekolah sehingga tidak terjadi tumpang tindih, dan bisa berjalan selaras oleh kedua pihak. Hal ini penting agar pendidikan anak menjadi lebih maksimal.

Siapa saja yang perlu mendapatkan parenting education?

Parenting education sangat penting bagi semua orang tua. Selain itu, sebagai tempat kedua setelah rumah, para pengajar di sekolah khususnya PAUD, mahasiswa dan calon orang tua juga menjadi sasaran PE. Semua orang pada dasarnya harus membekali diri untuk menjadi orang tua. Sehingga belajar sedini mungkin akan lebih baik.

Berikut ini beberapa program yang biasanya ditawarkan oleh PE yang diadakan oleh lembaga sekolah atau sejenisnya.

  • Kelompok pertemuan orang tua
  • Open Gathering membicarakan program sekolah dengan orang tua
  • Keterlibatan orang tua dengan kelompok dan kelas anak
  • Keterlibatan orang tua pada acara bersama
  • Home education video
  • Sharing tentang aktivitas anak di rumah
  • Kunjungan Rumah
  • Field Trip/Wisata

Saat Anda sudah menyadari pentingnya parenting education, Anda sebaiknya mulai mempersiapkan diri agar di masa depan bisa menjadi orang tua yang lebih baik. Pendidikan dan perkembangan anak-anak Anda berada di tangan Anda. 

Menjadi orang tua penuh kesadaran akan mendorong anak-anak juga tumbuh dengan penuh kesadaran sehingga menjadikan hidupnya menjadi lebih bermakna.


Semoga bermanfaat, ya. 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 




Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar