Blog pribadi Sasha

 

Ide Kegiatan Kreatif Saat Ramadhan

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum teman-teman Bunda Imut. 

Melakukan kegiatan Ramadhan kreatif selama melaksanakan puasa bisa menjadi hal yang akan membantu meningkatkan pahala dalam menjalankan puasa lho. Terlebih supaya lebih produktif dan tidak keseringan tidur-tiduran saja.

Ide kegiatan kreatif saat ramadhan


Rekomendasi kegiatan kreatif ini semoga bisa membantu mencerahkan dan memberikan ide yang bisa dikembangkan supaya selama Ramadhan ini bisa memberikan dampak positif yang lebih dan lebih dalam kehidupan sekolah, masyarakat maupun keluarga.

Daftar Kegiatan Kreatif Selama Ramadhan

Beberapa kegiatan kreatif yang akan dibahas dibawah ini untuk menjaga produktivitas kita dalam berpuasa dan bisa lebih bermanfaat lagi.

1. Mengaji Bersama (Tadarus)

Kegiatan bersama yang pertama yang bisa membuat ramadhan kita semakin kreatif adalah dengan menghatamkan Al-Quran. Namun, kebanyakan dari kita hanya membaca sendiri sehingga akan terasa lebih berat.

Cara kreatifnya adalah dengan membuat grup bersama yang nantinya setiap peserta membaca juz yang telah ditentukan diawal. Intinya adalah setoran bacaan yang telah ditentukan sudah dilakukan. Nanti, diputar setiap harinya untuk jadwal juz yang dibaca. Dengan begini, kita akan lebih termotivasi karena ada teman yang bersama-sama mendukung.

2. Tantangan 30 Hari

Biasa kita mendengar dan mengikuti tantangan menulis 30 hari tanpa henti. Nah, sama halnya kegiatan tersebut kita bisa membuat tantangan dengan beberapa teman atau yang lainnya untuk berkegiatan yang ditarget.

Misalkan, tantangan 1 bulan ramadhan ini adalah bisa menghafalkan juz 1 dalam al-quran dan khatam al-Quran sebanyak 2 kali. Dengan begini, kita punya tujuan akhir dalam satu bulan harus membaginya dan harus bisa mencapai tujuan mulia tersebut.

3. Kegiatan Buka Puasa

Kegiatan yang ketiga adalah dengan mengadakan kegiatan buka bersama yang dilakukan di masjid atau tempat-tempat tertentu. Pastinya buka puasa bukan sekadar buka ya, tetapi bisa diisi dengan ngaji bersama, atau ceramah, ataupun kegiatan lainnya.

4. Pesantren Kilat

Pesantren kilat merupakan kegiatan yang dilakukan sekolah untuk siswanya dalam rangka menghidupkan nilai-nilai kegamaan dalam nuansa Ramadhan dan biasanya hanya berlangsung 1-2 minggu saja. Kegiatan di dalamnya sangatlah beranekaragam ya, sesuai dengan pelaksana kegiatan tersebut.

Ada yang langsung dititipkan ke pondok pesantren ada juga yang diadakan di lingkup sekolahan sendiri dengan mendatangkan pengajar dari luar.

5. Muadzin

Menjadi muadzin saat bulan puasa pastinya pahalanya sangat banyak sebab panggilan orang untuk salat berjamaah juga semakin ringan dilakukan oleh kebanyakan orang. Selain itu, dengan menjadi muadzin juga bisa mengajak kebaikan untuk tetap salat tepat waktu.

Mumpung nih, semangat beribadah dalam nuansa ramadhan sangat kuat yuk manfaatkan pahala dan keistimewaan bulan ramadhan ini dengan baik ya. Apalagi untuk anak-anak muda, jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain gadget.

6. I’Tikaf

Kegiatan produktif dan menghasilkan pahala lainnya adalah melakukan i’tikaf di malam hari. Kebanyakan melakukan itikaf ini pada 10 hari terakhir padahal boleh-boleh saja lho mulai awal bulan Ramadhan. Apalagi diisi dengan baca Al-Quran dan nanti paginya membangunkan sahur warga sekitar.

7. Membangunkan Sahur

Selanjutnya, kalian bisa juga mengadakan kegiatan membangunkan masyakarat di waktu sahur. Oh iya, jangan asal ya karena bisa menggangu juga dan sewajarnya. Pastikan membangungkan dengan sopan dan bisa menggunakan aneka kreasi anak-anak muda.

8. Berbisnis

Kenapa berbisnis menjadi kegiatan kreatif? Sebab selain kita mengisi waktu selama ramadhan, kita juga akan mendapatkan banyak pelajaran mengenai cara berbisnis loh. Selain itu, mendapatkan uang juga dari keuntungan berbisnis. Bisa dengan berjualan es buah, takjil, atau bahkan buku-buku khusus edisi ramadhan.

Selain 8 contoh kegiatan ramadhan kreatif diatas, sebenarnya masih banyak lagi loh kegiatan lainnya misalnya mengadakan pengumpulan dana untuk berbuka, mengadakan buka bersama, amal dan lain sebagainya. Semoga dengan mengadakan kegiatan diatas bisa membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT.


Semoga bermanfaat, ya. 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar