Blog pribadi Sasha

 

Rekomendasi Buku Inspiratif Islami untuk Anak-anak

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Assalamu'alaikum sahabat Bunda Imut ;) Masuk tema ke-6 #14DaysBlogspediaChallenge. Kali ini saya akan menuliskan tentang Rekomendasi Buku Inspiratif Islami yang wajib dibacakan untuk anak-anak dirumah. 

Rekomendasi Buku Inspiratif islami untuk Anak-anak

Sebenarnya, ada banyak sekali cara yang bisa digunakan oleh para orang tua atau para guru untuk bisa membuat anak-anak merasa nyaman dan senang ketika mendalami ajaran-ajaran Islam.

Misalnya saja, melalui cerita-cerita pendek yang seru, menegangkan, mengharukan dan tentu saja penuh dengan hikmah, yang akan membuat jiwa si anak lebih mampu memahami dengan baik ajaran Islam dan kelak bisa mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari tanpa merasa terpaksa ataupun dipaksa.

Untuk anak, buku bisa menjadi jendela sekaligus cermin lho. Jendela untuk membawanya melihat dunia, cermin untuk mengenal lebih baik siapa dirinya. Itulah kenapa, memilihkan buku yang baik untuk anak sangat penting, terlebih buku tersebut bisa menjadi teladan untuk kehidupannya sehari-hari. 

Menuju bulan Ramadhan ini misalnya, coba teman-teman berikan anak buku-buku cerita Islami. Bisa juga menjadikan buku sebagai hadiah untuk anak di momen menyambut Lebaran atau sebagai hadiah agar dia lebih semangat berusaha untuk belajar berpuasa selama sebulan nanti. 

Jika teman-teman berasa bingung untuk memilih buku-buku inspiratif Islami untuk anak-anak, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya. Silakan baca sampai selesai ya. 

10+ Buku Cerita Islami untuk Anak 

1. Bilal bin Rabah

(Penulis/Penerbit: Ana P.Dewiyana / Pelangi Mizan)

Bilal bin Rabah Sang Muadzin Pertama! Tidak melulu Iron Man, Captain America atau superhero Avengers lainnya, mungkin dialah yang perlu Anda kenalkan pada anak sebagai sosok pahlawan sejati. Apalagi di momen bulan Ramadhan seperti ini. Nah, buku ini bisa membantu kita nih. 

Mengangkat kisah Bilal bin Rabah yang merupakan salah satu orang yang paling setia dan dipercaya oleh Nabi Muhammad SAW, karena cerita dan bahasanya yang sederhana buku ini tetap cocok untuk balita.

2. Al-Quran Stories

(Penulis/Penerbit: Vanda Arie / Kanak)

Ingin Al-Quran menjadi sahabat terbaik si kecil? Buku ini pas untuk Anda pilih. Di dalamnya ada 114 cerita yang diambil dari setiap surat dalam Al-Quran. Menariknya, 114 cerita di buku ini juga dibuat urut seperti Al-Quran. Mulai dari surat Al-Fatihah yang pertama, hingga surat ke-114, surat An-Nas.

Membaca buku ini, anak tidak hanya mengetahui nama-nama surat dalam Al-Quran tapi bisa sekaligus mengambil pelajaran dari cerita-cerita yang penuh kebaikan di dalamnya.

3. Asmaul Husna di Hatiku

(Penulis/Penerbit: M Faizi / Kanak)

Terdapat riwayat yang menyatakan bahwa Allah akan memerhatikan permintaan hamba yang menyebut-Nya dengan sebutan Asmaul Husna. Karena itu Moms, yuk, kenalkan anak juga pada 99 nama Allah nan agung seperti yang terdapat lengkap dalam buku ini.

Dilengkapi dengan ilustrasi menarik penuh warna, dengan buku ini anak juga bisa saja jadi lebih semangat menghafalkan Asmaul Husna. Di dekat setiap nama, juga ada penjelasan maknanya agar lebih mudah dipahami oleh anak.

4. Seri Al-Quran Menakjubkan - Hewan dan Bumi

(Penulis/Penerbit: DK Wardhani / Qibla)

Ada banyak ayat tentang sains di dalam Al-Quran. Lewat buku ini, anak diajak mengenal ayat-ayat tersebut dan memahami bahwa apa yang Allah bentangkan di alam semesta ini sesuai dengan apa yang Allah firmankan dalam kita suci-Nya.

Tidak hanya penjelasan sains, terdapat juga halaman aktivitas yang seru untuk anak. Mulai dari menjodohkan gambar, mencari kata, sampai teka-teki silang. Senang kan, kalau anak kita tumbuh jadi anak yang soleh sekaligus cerdas?

6. Ceria Ramadhan di 5 Benua - 25 Negara

(Penulis/Penerbit: Wulan M.Pratiwi dkk / Ziyad)

Tidak hanya di Indonesia, Ramadhan jadi bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat Muslim dunia untuk menjalankan ibadah puasa. Tapi seperti apa ya suana Ramadhan dan tantangan berpuasa di negera-negara lain, terutama yang letak geografis dan budayanya sangat jauh dari kita.

Bak berkeliling dunia, lewat buku ini anak diajak mencari tahu, Moms! Mulai dari lama waktu puasa, tradisi Ramadhan yang uni di setiap negara hingga makanan khas yang biasa disajikan saat berbuka di sana. Seru!

7. Seri Sifat Rasulullah SAW - Shiddiq (Jujur dan Benar)


(Penulis/Penerbit: Kak Rose / DAR! Mizan)

Rasulullah SAW adalah Nabi yang penuh teladan. Ingin dong Moms, anak-anak kita mencontoh sifat dan sikap beliau dalam keseharian? Buku Seri Sifat Rasullullah SAW ini bisa jadi jembatan untuk mengenalkannya pada anak. Misalnya sifa shiddiq (jujur dan benar).

Berbentuk boardbook dengan sudut-sudut tumpul, buku penuh warna dan gambar lucu ini memang diperuntukkan untuk balita. Istimewanya, tulisan dalam buku ini berima. Jadi enak untuk dibaca orang tua maupun didengar dan diikuti oleh anak.

8. Seri Kosa Kata Quran - Siapakah Allah?

(Penulis/Penerbit: Amalia Kartika Sari / The Gang of Fur)

Sehari-hari anak mungkin sering mendengar Anda menyebut nama Allah. Tapi apakah si kecil mengerti siapa gerangan Allah? Anak perlu tahu, Allah Rabb alam semesta, sang Maha Pencipta yang memelihara dan memberi petunjuk bagi kita semua melalui Al-Quran.

Siapakah Allah? 

Berita bagusnya, ada buku ini, Moms! Tidak hanya mengenal Allah, buku ini juga mengajak anak mengenal kata-kata berbahasa Arab yang ada di dalam Al-Quran. Cek juga deh, ilustrasinya. Menggemaskan!
Rekomendasi buku inspiratif islami untuk anak

9. Seri Allah Sayang Padaku - Dengan Nama Allah

Masih dari penulis dan penerbit yang sama, juga ada seri buku Allah Sayang Padaku. Buku ini mengajak anak membiasakan diri untuk melakukan segala sesuatu dengan menyebut nama Allah. Termasuk berdoa dan meminta hanya kepada-Nya.

Kedua buku ini tidak dijual di toko buku, ya. Tapi temen-temen bisa mendapatkannya melalui akun Instagram temennya Bunda imut di @curhatdongbuk linknya disini ya

https://instagram.com/curhatdongbuk?utm_medium=copy_link

10. Seri Halo Balita Sali Saliha - Aku Suka Tersenyum

(Penulis/Penerbit: Nizar / Pelangi Mizan)

Senyum adalah ibadah. Kita bisa mengajarkan anak hal ini pada anak sejak dini. Lewat buku untuk balita ini misalnya. Dengan kata-kata yang sederhana ditambah ilustrasi lucu penuh warna, si kecil pasti suka.

Yang istimewa, ada pesan keberagaman juga di dalamnya, lho. Buku ini tak lupa mengajak anak untuk tersenyum pada siapa saja dan di mana saja. Termasuk pada mereka yang berbeda suku maupun agama.

11. Rahasia Menjadi Anak Saleh 2

(Penulis/Penerbit: Yoli Hemdi / Gramedia Pustaka Utama)

Apa sih rahasianya, supaya bisa jadi anak saleh? Tentu saja dengan mengikuti apa-apa yang telah diatur oleh Al-Quran. Oya teman-teman, agama Islam telah mengatur kehidupan dengan sempurna lengkap dengan berbagai tata caranya.

Nah, dalam buku itu, tata cara Islami itu dijelaskan dengan ringan dan menyenangkan sehingga anak dapat menikmati cara-cara dan aturan hidup Islami dengan mudah. Jangan lupa, bila anak sudah selesai membaca, beri pujian atau penghargaan atas kesungguhan atau kemampuan anak dalam menyerap kisah-kisah di dalamnya ya. 

12. Doa Sehari-Hari for Kids

(Penulis/Penerbit: Asep Jaidin / Pelangi Mizan)

Ini bukan buku doa biasa! Karena selain 35 doa sehari-hari yang bisa dipelajari anak, buku ini juga dilengkapi dengan doa untuk ayah dan ibu. Tentu saja, semuanya berasal dari Al-Quran dan hadits. Mulai dari doa sebelum dan bangun tidur, sebelum dan setelah makan hingga doa agar diberi ilmu yang bermanfaat, doa sebelum belajar, doa agar selalu bersyukur hingga doa khatam Al-Quran.

13. Kisah 25 Nabi dan Rasul

(Penulis/Penerbit: Iwok Abqary / DAR! Mizan)

Memang, ada banyak sekali buku kisah Nabi dan Rasul di toko buku. Mungkin anak Anda pun sudah memiliki satu di antaranya. Tapi tidak seperti buku kisah Nabi dan Rasul pada umumnya, kisah-kisah di dalam buku ini disampaikan melalui bait-bait berima dan pilihan kata-kata sangat enak untuk dibaca.

Jangan khawatir juga Moms, tidak ada ilustrasi yang menakutkan di dalamnya. Jadi cocok untuk dijadikan bahan ajaran bagi orang tua maupun pendidik.

Nah teman-teman bunda imut, buku mana yang paling di sukai dan akan Anda berikan pada si kecil? Atau apakah Anda punya buku rekomendasi Islami untuk anak yang jadi favorit dan belum disebut di sini. Yuk, berbagi info dengan orang tua yang lain dengan menuliskannya di kolom komentar ya. 

Semoga bermanfaat. 
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar