Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Seni Dan Tips Mendidik Anak Sesuai Dengan Al-qur'an Dan Hadits

Posting Komentar
Assalamualaikum sahabat bunda imut ;)


Memiliki amanah anak bukan semata-mata karena keinginan kita memiliki keturunan sudah terkabulkan. Tentu, sebagai orangtua kita wajib untuk mendidik anak kita agar senantiasa menjadi orang yang selalu berperilaku baik dan bisa bermanfaat untuk keluarga, lingkungan dan orang-orang disekitarnya.

Kitapun tahu bahwa seorang anak adalah merupakan cerminan dari siapa orangtuanya. Tentang bagaimana Orangtua mendidik anaknya, bagaimana metode mereka dalam mendidik dan mengasuhnya. Saat inipun banyak sekali metode dan pola asuh juga pola mendidik anak yang banyak tersebar di sosial media yang mungkin bisa juga kita lakukan agar anak-anak kita bisa tumbuh menjadi pribadi yang seperti kita harapkan.
 
Sebagai umat muslim, tentu cara mendidik anak yang saya inginkan adalah harus sesuai dengan yang terkandung dalam Al Qur'an. Banyak sekali metode tentang mendidik anak yang ada pada Al-qur'an yang akan menjadi pedoman terbaik untuk bisa saya aplikasikan pada pola asuh sehari-hari dirumah.

Pada materi kuliah WhatsApp pada salah satu kelas keluarga yang saya ikuti kemarin menjelaskan, setidaknya ada tujuh prinsip yang terdapat pada Al-qur'an sebagai pedoman mendidik anak-anak kita, apa saja?

Tujuh Prinsip Mendidik Anak Yang Terdapat Pada Al-qur'an

1. Bahwa anak bukanlah pilihan dari kita sebagai orang tua, atau pilihan dari anak yang meminta di lahirannya dari Orangtua yang mana, anak merupakan takdir yang Allah berikan kepada kita, hal ini terkandung dalam surat Al-Qashash ayat 68 berikut:

وَرَبُّكَ يَخۡلُقُ مَا يَشَآءُ وَيَخۡتَارُ‌ؕ مَا كَانَ لَهُمُ الۡخِيَرَةُ‌ ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ
"Dan Tuhanmu menciptakan dan memilih apa yang Dia kehendaki. Bagi mereka (manusia) tidak ada pilihan. Mahasuci Allah dan Mahatinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan".

2. Pada surat Al-Anfal ayat 27-29 juga di jelaskan bahwa apa yang telah Allah SWT takdirkan, maka itu adalah suatu amanah yang harus ditunaikan. Dengan inti kandungannya sebagai berikut

Berhati-hati agar tidak berkhianat kepada Allah dan Rasul-Nya, dan agar jangan sampai tidak menunaikan amanah, serta mengingatkan terhadap cobaan harta dan anak

3. Ketika Orangtua menginginkan anak, keinginan tersebut adalah bukti janjinya pada Allah SWT, dengan begitu janji tersebut harus ditepati dan dipertanggungjawabkan kelak, seperti yang tercatat pada surat  Al-Maidah ayat 1 yang mempunyai arti

Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilah janji-janji. Hewan ternak dihalalkan bagimu, kecuali yang akan disebutkan kepadamu, dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang berihram (haji atau umrah). Sesungguhnya Allah menetapkan hukum sesuai dengan yang Dia kehendaki.

Tentang janji ini juga terkandung dalam surat Al- isra' ayat 34 dan surat Ar ra'd ayat 19-24.

Kemudian, kembali dijelaskan bahwa masih ada empat prinsip yang menjadi dasar untuk menjadi pedoman ketika mendidik anak sesuai yang ada pada Al-qur'an, apa saja? 

Prinsip Mendidik Anak Sesuai Dengan Al-qur'an

Seni Mendidik anak sesuai Al Qur'an

4. Seperti yang terkandung pada surat Al Israa' ayat 24 tentang jika Orangtua tidak bisa mendidik anaknya sebagaimana mestinya, maka jangan mengharapkan mendapatkan lebih terhadap anak tersebut. 
وَاخۡفِضۡ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحۡمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارۡحَمۡهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِىۡ صَغِيۡرًا
Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, "Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil."

5. Didiklah anak sesuai dengan fitrahnya, Ungkapan ini terkandung pada Al-qur'an Surat Ar Ruum ayat 30 yang artinya adalah 
"Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai) fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

6. Surat Al Hijr ayat 99 juga menjelaskan bahwa sebelum kematian memisahkan, jangan sampai kita berhenti untuk mendidik anak kita.

7. Surat Hud ayat 63 Dengan penjelasan tentang sifat bersungguh-sungguhnya kita dalam mendidik anak kita, dan jangan pernah untuk berfikir tentang hasil akhirnya.

Dalam sesi materi juga di jelaskan tentang Orangtua yang seharusnya mau belajar menjadi orangtua sebelum dirinya benar-benar menjadi orangtua. Seni belajar ini harus dilakukan, karena jika Orangtua belum memahami fungsi dirinya menjadi orangtua, maka akan sangat sulit untuk mendidik anak sesuai yang diperintahkan di dalam Al-Qur'an.

“Sangat sulit jika orang tua belajar menjadi orang tua sambil jalan. Seharusnya, ia memahaminya sebelum menikah dan berketurunan,’’. 

Lalu, bagaimana jika perbaikan tersebut dimulai dari si anak? Menurut ustadz pengisi materi, itu adalah hal yang sangat sulit, seperti membalikkan aliran air dari laut ke gunung.

Semua Sudah Ada Di Dalam Al-qur'an

Ya, Al-qur'an memang sudah mengajarkan semuanya. Mulai dari cara membentuk keluarga hingga cara yang tepat bagi orang tua untuk mendidik anak-anaknya. Alquran juga mengajarkan bagaimana pola hubungan yang baik antara orang tua dan anak.

‘’Jangan menjadikan Alquran hanya sebagai stiker yang jika bosan lalu dibuang. Tapi, galilah kandungan yang ada di dalamnya. Quranic Parenting berusaha mengkaji ayat demi ayat dalam Alquran, yaitu ayat-ayat yang membahas pendidikan sebagai orang tua dan bagaimana pendidikan orang tua pada anaknya,’’ Ungkapnya.

Di bahas juga tentang cara menjadi orang tua bijaksana. Menurutnya, orang tua harus meng ikuti perkembangan anak-anaknya. Jika tidak, akan tercipta jurang yang sangat dalam antara anak dan orang tua. Jika ingin menjadi orang tua yang bijaksana, yang harus dilakukan salah satunya adalah harus pandai bersyukur kepada Allah. Orang tua harus memandang anak adalah hikmah dan menjadi orang tua adalah anugerah. 

Meskipun saat ini jarang sekali Orangtua yang bisa dengan ikhlas dan bersyukur atas nikmat yang Allah berikan, tapi semoga kita akan selalu menjadi orang-orang yang pandai bersyukur dan mendidik anak-anak kita dengan baik sesuai yang ada pada Al-qur'an dan hadits.

Semoga bermanfaat ya ;)
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email