Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Cerita Custom Domain Bunda Imut

26 komentar


Tips memasang domain custom

Exited! Ya, itulah yang saya rasakan saat nama saya disebut oleh kak Irwin Andriyanto saat tiba di akhir sesi webinar growthing beberapa Minggu yang lalu. Nama jurnal bunda imut beruntung mendapatkan free custom domain .my.id senilai harga pintu, ehehehee.

Setelah acara webinar selesai dan saya berhasil mengklaim hadiah custom domain .my.id, sayapun akhirnya kebingungan untuk memasang custom domain tersebut. Meskipun sebenarnya sudah ada banyak sekali tutorial cara memasangnya pada mesin pencari, dan ketika saya praktekkan untuk mencoba memasangnya, ternyata domain .my.id saya tetap belum bisa terpasang yang akhirnya membuat saya nekat bertanya pada coach di kelas Blogspedia Coaching tentang bagaimana cara memasangnya, karena menurut saya semua langkah sudah dilakukan tapi tetap saja domain yang saya inginkan belum bisa terpasang.

(Ini adalah sekelumit chat saya dengan coach marita karena bingungnya saya gagal mulu pasang domainnya, heheheheh.)


Meskipun belum ada materi tentang membeli dan memasang custom domain, Alhamdulillah saya bersyukur sekali karena mbak Marita selaku coach di kelas, beliau berkenan sekali membantu dengan bersedia membeli domain .my.id biar bisa segera membuat tutorial Cara Memasang TLD untuk membantu saya dan yang lainnya agar bisa menyelesaikan proses memasang domain tersebut. Terimakasih banyak atas step by step cara memasang TLD. Berkat tutorial itu, saya akhirnya bisa memasang dan mengganti domain saya dengan www.bundaimut.my.id.


(Dan, finally..... Bisa terpasang dengan baik dan benar meski harus gangguin mbak marita terus tanya ini itu,wkwkwkwk)


Eh, sebenernya sahabat bunda sudah tahu belum apa itu TLD? Bagi Anda yang berniat menjadi seorang blogger, dan memiliki sebuah website, tentunya custom domain atau nama domain pilihan sangatlah diperlukan sebagai online branding.

Apa Sih TLD Itu?

TLD atau Top Level Domain adalah bagian akhir dari nama domain Anda. Berada setelah tanda titik atau biasa disebut dengan dot terakhir pada sebuah domain. Sebenarnya ada beberapa jenis TLD, tapi karena disini saya akan berbagi tentang domain .my.id yang saya tahu level domain ini termasuk dalam ccTLD atau Country-Code-Top-Level-Domain. Domain .my.id ini menandakan bahwa nama domainnya berasal dari Indonesia (id).

Setelah tahu apa itu TLD, Sekarang bunda imut akan tuliskan tutorial cara membeli dan memasang custom domain .my.id hasil gratisan hadiah dari webinar growthing dengan mencontek tutorial yang diberikan oleh coach Marita. Oiya, karena custom domain saya beli di website rumahweb , jadi tutorial ini saya sesuaikan dengan rumahweb ya, Lebih lengkapnya yuk simak tutorialnya dibawah ini

Cara Membeli Custom Domain di Rumah Web

Langkahnya sebagai berikut

1. Silahkan membuka halaman Rumahweb.com dan lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Setelah selesai, silahkan login kembali dan akan muncul layar sebagai berikut
2. Selanjutnya klik pilihan domain seperti foto dan ketikkan nama domain yang anda inginkan, nantinya akan muncul banyak nama domain seperti pada gambar, silahkan pilih domain sesuai yang anda kehendaki. Karena saya harus .my.id maka saya pilih dan klik pembelian .my.id, selanjutnya perhatikan gambar dibawah ini

3. Akan muncul pilihan pembayaran dan kemarin, saya memilih membayar dengan memilih Virtual Account BCA.

4. Setelah pembayaran berhasil, saatnya kita memasang custom domain yang sudah kita pilih. 
Domain custom my id

Duh, deg-degan lho nulis tutorial begini, hehehe semoga bisa membantu para sahabat bunda imut yang kebingungan cara memasang custom domain ya. Oiya, karena domain adalah salah satu branding blog kita, jadi pastikan kembali untuk benar-benar memilih domain yang sesuai kaidah SEO ya, seperti 

  • Nama domain jangan terlalu panjang
  • Jangan mengandung angka atau tanda strip
  • Pilih nama yang unik dan mudah diingat

Jika sudah, saatnya kita cuuusss ke pemasangan domainnya yaa

Bismillahirrahmanirrahim...

Cara Memasang Custom Domain Rumah Web

Berikut langkah-langkahnya

1. Silahkan login ke account Blogger Anda.



2. Setelah login Klik “settings“ kemudian pilih “Custom domain”
3. Klik “Add a Custom Domain”.
4. Isi kolom dengan nama domain anda. Saya menggunakan bunda imut , maka cara mengisinya www.bundaimut.my.id kemudian klik “Save” .
5. Setelahnya akan menampilkan “CNAME” yang harus dipasang di domain manager anda.

 *Sumber gambar dari website Rumah web.com


Perlu diingat: CNAME yang tulisannya berwarna merah tersebut akan digunakan untuk setting di Domain Manager/ Clientzone.
6. Sekarang silahkan ditinggalkan dahulu Bloggernya. Dan silahkan Anda login ke account WHMCS/ clientzone.rumahweb.com
7. Pilih domain Anda.

8. Klik menu “Nameservers”. Pastikan Name Server anda seperti pada gambar.
9. Klik "Kelola Domain"
10. Klik Manage DNS
Jika muncul tombol Start/Update, silahkan diklik dahulu sampai tidak ada tombol update lagi yang muncul. Sesuai gambar dibawah ini. Setelah itu baru Add New Record
11. Membuat A record, dan isi sesuai ketentuan berikut.

Silahkan diisi seperti contoh berikut
  • Domain name = kosongi saja
  • TTL = 14400
  • Record Type = A
  • Hostname = 216.239.32.21

Ulangi kembali dan silahkan mengisi Untuk IP or Hostname = 216.239.34.21, 216.239.36.21 dan 216.239.38.21

Ulangi pengisian untuk IP or Hostname =216.239.34.21, 216.239.36.21 dan 216.239.38.21 
13. Membuat CName Record. Dan silahkan masukkan seperti informasi yang ada di blogger yang berwarna merah tadi.

Setelah semua step sudah dilakukan dengan benar, pastikan muncul seperti gambar berikut ya, ini adalah contoh pengisian dan pembuatan DNS yang telah lengkap.
DNS domain custom


Setelah DNS berupa A dan cName record dibuat, silahkan ditunggu proses propagasi DNS estimasinya 1-24 jam lalu coba kembali untuk penyimpan domain Anda ke Blogspot.

Apabila save domain sudah berhasil dilakukan ke Blogspot, langkah selanjutnya adalah melakukan setting redirect dari non-www to www. Setting ini bertujuan agar ketika domain diakses tanpa www, maka secara otomatis akan di direct ke www.namadomain.

Setting redirect ini bisa Anda lakukan pada kolom redirect seperti screenshot berikut :




14. Silahkan klik ‘Edit’.
15. Jika ingin mengaktifkan HTTPS, Aktifkan HTTPS availability.

Tunggu beberapa saat sampai setting HTTPS redirect aktif, jika sudah aktif silahkan aktifkan setting HTTPS redirect.


Selamat setting custom domain blogger di domain Anda telah selesai. Silahkan Anda coba akses webnya. Jika akses ke website Anda masih gagal setelah berhasil di save, kemungkinan koneksi yang Anda gunakan masih belum mengenali DNS domainnya. Silahkan ditunggu 1-24 jam untuk proses propagasi DNS tersebut.

Penutup

Nah, itulah cara pembelian dan pemasangan custom domain dari rumah web ya. Kemarin saya sempat akan berputus asa ketika custom domain saya gagal di pasang, beruntungnya ada mbak Marita yang mau membantu dengan memberikan tutorial lengkap dan membantu mengiringi step by step cara menggantinya, hingga akhirnya saya berhasil memasang custom domain bundaimut.my.id ini.

Saya memiliki harapan agar custom domain ini bisa dikenal orang atas konten dan tulisan yang bisa diambil secuil manfaatnya. Semoga dengan nama bundaimut.my.id ini semakin membuat saya lebih semangat menulis dan menjadi moms blogger yang tidak malas untuk membuat bahan bacaan yang bermanfaat untuk banyak orang. Mohon doanya ya, agar saya tetap bisa konsisten menulis dan ngeblog dengan segala keriwehan saya, hehehehe.
Terimakasih sudah membaca jurnal bundaimut, dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh .



Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

26 komentar

  1. Selamat Bunda imut sudah my.id
    Tugasnya pun sudah kelar hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera dikerjakan dong pr nya..wkwkwkw biar aku bisa baca juga.. aahahaha

      Hapus
  2. Selamat ya mbak sudah selesai aja. my.id kedengarannya enak di kuping.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuk segera selesaikan tugasnya biar aku bisa baca domainnya mba tami juga..wkwkekwk

      Hapus
  3. Jadi pengen buat yg TLDnya pakao my.id ehh tapi inget satu blog aja udah jarang update apalagi kalo 2 hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkww ndapapa mbaak.. niat baik harus disegerakan..wkwkwkwk

      Hapus
  4. Selamat kak sudah terpasang domainnya, gercep pula tugas coach maritanya. Daebak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkw sekali-kali laahh nomer satu pak..ahahahah

      Hapus
  5. Alhamdulillah tutorial yang sangat membantu sekali ini

    BalasHapus
  6. yeeeaaay congratulation mbak, one step close to go pro 😘

    BalasHapus
  7. Udah gercep mana lengkap lagi.
    Keren nih bunda

    BalasHapus
  8. wah...lengkap kap kap artikelnya, mabruk...

    Beruntung sekali dapat doorprize. Jadi inget, harusnya malam itu saya juga dapat. Tapi tiba-tiba wifi ngedown, dan saya pun terlempar dari kelas. Memang belum rezeki

    BalasHapus
  9. Selamat ya bunda imut, beruntung sekali mendapatkan harga pintu. Aku termasuk orang yang jarang bisa memenangkan harga pintu lho. xixi alhamdulillah ya punya coach yang telatennya masya Allah, akhirnya berhasil juga.

    BalasHapus
  10. Berhasil pasang custom domain itu emang sesuatu banget ya Mba. Bangga nya itu lo.. Sesuatu yang awalnya dirasa sulit, ternyata bisa kita lakukan

    BalasHapus
  11. Selamat, Mbak Shasa, akhirnya bisa TLD juga pake harga pintu. Tutorialnya keren dan komplet.

    BalasHapus
  12. Selamat, Mbak Shasa, akhirnya bisa TLD juga pake harga pintu. Tutorialnya keren dan komplet.

    BalasHapus
  13. Wah, selamat ya mbak sudah duluan TLD 😂

    BalasHapus
  14. mbak, capture nya kecil gambanya, mata minus silinderku ngak jelas lihatnya :(

    BalasHapus
  15. wah dapat hadiah dari kelas online kemaren ya..

    BalasHapus
  16. Tutorialnya komplit sekali kak, bisa ditengok lagi klo pas kelupaan nih. Terimakasih kak

    BalasHapus
  17. Samaaa, sempat bingung sama tutorial cara pasangnya. Akhirnya dapat pencerahan di blog coach marita.
    Ayeey, selamat bunda Sasha sudah resmi nih TLD. Partner sesama dapat 'hadiah pintu' .my.id ekwkwk

    BalasHapus
  18. uwoooo, Bun, tutorialnya super duper komplit. Kereeeen

    BalasHapus
  19. tutorialnya oke, klo saya baru nulis narasi pengalaman dulu, next tutorial lengkapnya insyaalloh beserta video, semoga terlaksana n ga masuk angin lagi. Berkunjung ya komen jg jgn lupa :)

    BalasHapus
  20. Wah saya sangat apresiasi terhadap semangatnya untuk berusaha memasang Domain walaupun ada hambatan yang sedikit membutuhkan tenaga lebih ya untuk berpikir, hehe. Tapi saya harus katakan bahwa tulisan ini sangat lengkap :)

    BalasHapus
  21. Kumplit mbaak... Sampai ada SS WA pulaaa.. Xixixixi...

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email