Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Mengulik Aky's Blog, Blog Mbak Rachma Yang Sarat Nasehat

32 komentar

 

Blog Yang Sarat Akan Nasehat
Assalamu'alaikum sahabat jurnal bunda imut, bicara soal blogger, ternyata banyak sekali para blogger yang sengaja menjadikan blognya sarat nasehat. Entah nasehat untuk dirinya sendiri ataupun beberapa nasehat yang sengaja ditunjukkan untuk oranglain atau pembacanya.

Adalah Aky's Blog, blog milik seseorag yang kebetulan satu kelas di komunitas menulis One Day One Post (ODOP), dan sekarang sekelas lagi di Blogspedia Coaching For Newbie bernama Rachma Novita, blogger ramah yang sengaja menamainya dengan Aky's blog karena  nama Aky sebagai pengganti nama Novita dalam bahasa Jepang, menggunakan huruf  "Y" agar terlihat lebih Indonesia. 

Isi Blog Yang Sarat Nasehat

Dengan misi mewujudkan keinginan yang sejak lama dia mimpikan, menjadi seorang blogger profesional yang menumpahkan segala pengorbanannya untuk membagikan informasi-informasi bermanfaat, karena seringnya saat dia butuh sesuatu informasi dia merasa terbantu dan teratasi dengan hanya mengetikkan di mesin pencari.

Sehingga dia ingin berkontribusi didalamnya, menjadikan apa yang dia tulis adalah sebuah jawaban atas permasalahan orang lain. Karena menurutnya "Memudahkan orang lain, maka Allah akan memudahkan urusan kita."


Yuk, Berkenalan dengan mbak Aky Blogger muda yang kreatif


Blog yang sarat akan nasehat


Dari hasil penjelasan mbak Aky tentang bagaimana awal mula beliau tertarik dunia blogging, bisa disimpulkan bahwa tujuannya membuat blog ini adalah ingin menjadikan dirinya bermanfaat untuk orang lain. 

Selain itu blog mbak aky ini dibuat untuk menyimpan nasehat untuk diri sendiri, yang kemudian siapapun yang membaca blognya akan merasakan pula nasehat-nasehat yang ada.

Tentang Niche Blog

Dengan memudahkan seseorang terbantu dangan apa yang sedang mereka cari, mbak Rachma ini juga sering sekali untuk selalu mengingatkan akan perkara akhirat. 

Dan menilai dari beberapa postingan yang dibagikan adalah tentang diri mbak Aky yang seharusnya banyak-banyak bercermin dari kekurangan dan apa saja yg bisa diperbaiki.

Menurut saya, Niche blog ini adalah tentang Manajemen diri, bagaimana tentang berproses dalam perbaikan diri dengan menata hati nurani.

Judul Blog, Self Reminder

Serius didunia blogging sejak 2018, mbak Aky  ini mulai mengisi blognya dengan curhatan, membagikan pengalaman yang pernah dia  lakukan, ilmu yang pernah dia pelajari, dan menceritakan cerita orang lain kemudian mengambil ibrahnya. 

Judul self reminder memang pas sekali, karena sebelum mbak aky membagikan tulisannya, dia sendiri menjadi tersadar bahwa apa yang ditulisnya ini adalah bentuk komitmen untuk meningkatkan kualitas diri, mengasah kepekaan pada kekurangan diri, dan menyibukan diri untuk fokus pada proses perbaikan. Karena baginya, perubahan besar hanya akan terjadi saat kita sudah beres dengan diri kita sendiri.

Tagline Blog Aky's Blog

It’s All About Finding The Calm In The Chaos. Itu adalah tagline blog yang digunakan sejak beberapa bulan yang lalu. Karena menasehati diri sendiri itu gampang-gampang susah, dan mbak Aky tersadar untuk mencari ketenangan dengan berdamai pada diri sendiri lalu menumpahkannya dalam bentuk tulisan.

Meta Deskripsi, Logo, dan Header

Aky's blog menulis untuk self reminder dan zona autokritik, sahabat dalam proses perbaikan diri. Menjadi meta deskripsi yang nantinya orang akan lebih mengenali blog ini, menggabungkan antara daun maple dan warna hijau mint dengan disisipkan header simple bertuliskan "Self Reminder" benar-benar menjadi penguat untuk blog ini dengan konten-konten yang disediakan yang sebagian besar tentang pengingat untuk diri sendiri.

Aktifitas dan kegiatan mbak Rachma

Saat saya tanyakan apa kesibukan mbak saat ini? Kemudian dijawab "Aku sebagai PSDM di KMA Akshaya, dan aku memilih mengambil peran untuk agen penyelamat bumi dari manusia manusia perusak akhlaq, dan fokus ku adalah pendampingan pelajar SMA/SMK" 

Dan bentuk kegiatannya adalah challenge 40hari menghilangkan kemunafikkan pada diri manusia dengan anggota kurang lebih 100 orang. Disana, mbak Rachma banyak mengisi materi, dan mengajak untuk hijrah bersama, dan hasilnya sampai saat ini sudah ada beberapa siswanya yang sudah mulai rutin untuk berbenah, termasuk sholat 5 waktu.

Masya Allah, pantas saja blog Aky's ini banyak sekali ditemukan artikel yang sarat akan nasehat. Lantas, bagaimana sih tips dari mbak Rachma agar tetap bisa membagi waktunya yang banyak kegiatan tersebut? 

Tips manajement waktu ala mbak Aky

  • Menetapkan waktu kapan harus menulis
Disampaikan oleh mbak rachma, hal ini bertujuan untuk mendisiplinkan diri dan berusaha memahami keterbatasan yang dimiliki, jika sudah punya waktu sendiri untuk menulis kita bisa mengontrol diri kita, mungkin dihari itu ada yang tiba-tiba mengajak kita untuk meeting atau hal tidak terduga lainnya, lihat sepenting apa acara itu untuk bisa mengalihkanmu dari waktu menulismu. Jika memang tidak mendesak dan bisa dilakukan esok harinya maka tolak saja, terlalu memforsir diri akan membuat kita tertekan pada akhirnya kita hanya akan mengumpat ‘wah aku belum nulis, haduuuu’. Ingat bahwa menulis sudah harus menjadi prioritas juga untuk kita.

  • Biasakan membaca buku 30 menit sebelum tidur

Mbak rachma juga mengungkapkan, tuntutan untuk konsisten menulis mengharuskan juga untuk konsisten membaca, jadi berilah waktu barang 30 menit untuk membaca apapun itu dan dipahami, dengan banyak membaca akan membuat kita mudah mendapatkan inspirasi menulis, ide akan mengalir begitu saja. Cukup 30 menit ya, jangan malah keasyikan dan jadi menyita waktu tidur, tidak disiplin hanya akan membuat jadwal yang sudah kita atur menjadi berantakan.

  • Membuat jadwal harian

Dengan menuliskan jadwal, kita juga akan merasa dimudahkan dalam banyak hal loh, contohnya untuk mengingat-ingat agenda selanjutnya agar tidak terlena, meminimalisir waktu terbuang hanya untuk rebahan dan scrolling Sosial Media.

  • Sholat tepat waktu

Semua agenda yang sudah kau persiapkan akan tetap berantakan jika urusanmu dengan Allah juga tidak baik, jangan lagi ada kata menunda untuk shalat jika ingin waktumu diberkahi dan teratur. Allah akan membantu kita untuk kita mengatur waktu kita jika kita mendahulukan urusan ibadah kita, nggak percaya? cobain aja deh. Penjelasan dari mbak Rachma.

Aaah, sepertinya setiap penulis akan mempunyai ciri khas yang akan membuat dirinya diingat banyak orang. Dan mbak Rachma ini ternyata sangat supel dan humble, terbukti saat sesi wawancara ini, beliau semangat sekali menjawab pertanyaan saya yang banyak dan dikasih tips mengatur waktu juga.

Jika kalian ingin lebih kenal dekat dengan mbak Rachma, silahkan Kulik blog lengkapnya di akirachma.com.

Dengan mengulik blog Aky's Rahma ini, saya merasa mendapatkan banyak sarat nasehat untuk diri sendiri, menjadi lebih banyak bersyukur atas kemampuan diri dan lebih banyak bercermin dari kekurangan diri sendiri. 

Semoga apa yang saya tuliskan ini bisa bermanfaat ya, dan para pembaca Jurnal bunda imut bisa mendapatkan manfaatnya pula.



Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

32 komentar

  1. Kebanyakan teman-teman ikut ODOP yaa, saya jadi pingin ikutan deeh

    BalasHapus
  2. Masya Allah, tulisannya keren kakak. Dan yang di ceritakan juga orang yang keren... banyak insight pagi ini setelah baca tulisan kakak. Makasih kak😍

    BalasHapus
  3. Wah, setuju mbak, gimana mau minta diberkahi segala prosesnya kalo hubungan sama Allah masih suka berantakan :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap ssekali kan mba jargound mbak Rachma iniii

      Hapus
  4. bener mbak tiap penulis punya ciri khas sendiri sehingga kadang ciri kjas itu bisa dikenali orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali mbaak.... Jadi kita harus bisa ciptakan ciri khas kita ya biar orang lebih klik ya mbaak.. ehehehe

      Hapus
  5. Hebat, teratur sekali manajemen waktunya kak Rahma. best partner nih kak sasha sama kak Rahma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sesuai ketentuan SEO kak..deg-degan ini ..w.

      Hapus
  6. Wah, ini temen nulis aliran mepet deadline. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk mepet2 itu idenya cepet muncul kak..ahahaha

      Hapus
  7. Keren sekali nulisnya appaun jadi dech dan bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa... Mbak.. ini efek garap tugas juga di kelas sebelah..ahahahha

      Hapus
  8. Saya jadi terinspirasi untuk menerapkan manajemen waktunya, Mbak. Masih suka kacau nih ngatur waktunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa lebih konsisten menerapkan manajemen waktunya ya bu...

      Hapus
  9. Tips manajemen waktunya bermanfaat banget ini, patut dipelajari

    BalasHapus
  10. wah..seru tulisannya, jadi lebih mengenal dua duanya. Tiap mengelola waktunya juga ampuh. Memang kalau ingin disiplin waktu, yang utama adalah mendisiplinkan shalatnya dulu. keren...

    BalasHapus
  11. uwaaa terhura, makasih ya mbak udah menuliskan dengan sangat apik tentang aku yang low profile ini ><

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya tak ada foto unyuk ditampilkan...eheheheh

      Hapus

  12. Waaah. Orang-orang keren. Blogger-blogger kece inii. .

    BalasHapus
  13. Wah..
    Keren..
    Kayaknya saya harus belajar buat nerapin manajemen waktunya itu

    BalasHapus
  14. Masya Allah .. Tips manajemen waktunya perlu dicoba deh . .. Kereeennn

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mbaak dicoba bareng..ehehehe semangat selalu mbaaak

      Hapus
  15. MasyaAllah, jadi mengenal lebih dekat sesama klan Novita dari tulisan ini. Saya suka banget dengan program 40 harinya ini. Jadi berniat mencobanya buat diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dicoba mbaaak... semangat selalu mba renov..

      Hapus
  16. Masya Allah, makasih tips nya .

    BalasHapus
  17. Murid terberani... udah utak-atik template sendiri, lalu dini hari ketok2 cari bantuan karena error wwkwk. Kereen lah :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email