Iklan 1

Blog pribadi Sasha

 

Tentang Pahala dan Balasan Bersedekah

Posting Komentar
Konten [Tampil]


Pahala dan Balasan bersedekah

“Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari gerakan sedekahnya.” (Hadist Qudsi)

Balasan bersedekah, seperti yang kita tahu bahwa segala  perbuatan yang kita lakukan, baik itu amalan baik maupun buruk pasti akan kembali pada kita. Demikian pula dengan harta yang Allah amanahkan kepada kita.

Bersedekah itu merupakan suatu perbuatan yang disukai oleh Rasulullah. Tak hanya dengan harta, sebenarnya banyak sekali cara lain yang bisa dilakukan dalam bersedekah. Termasuk saat kita melakukan perbuatan baik dalam kehidupan sehari-hari juga saat kita tersenyum untuk orang lain. 

Rasulullah SAW bersabda “Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah.” (H.R. Imam Tirmidzi) Banyak manfaat yang didapat dengan bersedekah. 

Firman Allah Tentang Bersedekah

Berikut adalah beberapa firman Allah SWT, yang menjelaskan mengenai balasan sedekah:

Balasan bersedekah



  • Allah melipatgandakan ganjaran kepada orang yang bersedekah.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (rahmat) karuniaNya, lagi meliputi ilmu PengetahuanNya.” (Al-Baqarah:261)

  • Sedekah jadi peneman di hari akhirat.

Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa’at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.” (Q.S Al-Baqarah : 254)

  • Allah merahmati Orang yang bersedekah.

“Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.” (Q.S Al-Baqarah : 265)

  • Sedekah dijanjikan balasan baik.

“Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi Allah-lah yang memberi petunjuk (memberi taufik) siapa yang dikehendaki-Nya. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. Dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridhaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikitpun tidak akan dianiaya (dirugikan). (Q.S surat-al-baqarah : 272)

  • Ganjaran sedekah walau dilakukan secara terang atau sembunyi.

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (surat al-baqarah : 274)

  • Harta orang bersedekah senantiasa diberkahi.

“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.” (surat al-baqarah-ayat 276) Betapa dahsyatnya balasan sedekah menurut beberapa ayat Al Quran, dan tentunya sedekah yang dikeluarkan di jalan Allah dengan disertai hati ikhlas.

Balasan bersedekah


 

Kisah tentang pahala bersedekah


Suatu hari, datanglah sahabat Nabi bernama Usman bin Affan dengan berkata
"Ya Rasul, saya akan melengkapi (menyumbang) peralatan dan pakaian bagi mereka yang belum mempunyainya," ujarnya.

Dalam kisah lain, Ali bin Abi Thalib yang pada saat itu hanya memiliki empat dirham. Ia pun segera menyedekahkan satu dirhamnya diwaktu malam, dan satu dirham lagi saat siang hari, satu dirham secara terang-terangan, dan satu dirham lagi secara diam-diam.

Pada hadits diatas, bersedekah tidak harus dengan sembunyi-sembunyi, bersedekahlah meskipun dengan terang-terangan. Seperti yang ayatterkandung dalam Al-Qur'an berikut ini

"Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S al-baqarah : 271)

 

Kenapa para sahabat begitu sangat antusias dan spontan menyambut seruan untuk bersedekah? Tiada lain karena mereka yakin akan balasan sedekah yang berlipat ganda sebagaimana yang telah dijanjikan Allah dan Rasul-Nya.

Sedekah adalah penyubur pahala, penolak bala, dan pelipat ganda rezeki; sebutir benih menumbuhkan tujuh bulir, yang pada tiap-tiap bulir itu terjurai seratus biji. Artinya, Allah yang Mahakaya akan membalasnya hingga tujuh ratus kali lipat. Masya Allah!

Betapa dahsyatnya sedekah yang dikeluarkan di jalan Allah yang disertai dengan hati ikhlas, sampai-sampai Rasul sendiri membuat perbandingan.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, 

"Allah SWT menciptakan bumi, maka bumi pun bergetar. Lalu Allah pun menciptakan gunung dengan kekuatan yang telah diberikan kepadanya, ternyata bumi pun terdiam. Para malaikat terheran-heran akan penciptaan gunung tersebut. Kemudian mereka bertanya, "Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari pada gunung?"

Allah menjawab, "Ada, yaitu besi."
Para malaikat pun kembali bertanya, 
"Ya Rabbi adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari pada besi?"
Allah menjawab, "Ada, yaitu api."
Bertanya kembali para malaikat, 
"Ya Rabbi adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari pada api?"
Allah menjawab, "Ada, yaitu air."
"Ya Rabbi adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat dari air?" tanya para malaikat lagi.
Allah pun menjawab, "Ada, yaitu angin."
Akhirnya para malaikat bertanya lagi, "Ya Allah adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih dari semua itu?"
Allah yang Maha Gagah dan Maha Kaya menjawab, "Ada, yaitu amal anak Adam yang mengeluarkan sedekah dengan tangan kanannya sementara tangan kirinya tidak mengetahuinya"

Masya Allah, begitu besar pahala bersedekah yang akan Allah berikan pada hambanya. Semoga akan menjadikan kita, terkhususnya saya untuk bisa selalu istiqamah dalam bersedekah dan berbuat baik. Disertai hati yang ikhlas semoga apa-apa yang kita sedekahkan terhitung pahalanya oleh Allah SWT.

Aamiin, ya Robbal Alamiin..

Malang, 01 November 2020

Jurnal Bunda Imut
Hai, panggil saya sasha. Seorang pembelajar, ibu muda biasa yang suka sekali menulis, kesehariannya di sibukkan dengan Membersamai 2 putra dan 1 putrinya bermain, belajar dan bersenang-senang. Dengan pekerjaan sampingan sebagai Content writer dan Publisher, selain itu juga disambi dengan jualan online. Yuk, bersantai dan baca keseharian saya di sini. Enjoy !

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email